Buruann! 1,2 Juta Bibit Pohon Gratis!!Untuk Warga Lampung.

Tanggamus–Persemaian Permanen Tanggamus akan berikan 1,2 juta bibit pohon gratis siap tanam, kepada masyarakat Lampung pada tahun 2021 ini.

Menurut staf Persemaian Permanen Tanggamus Desma dan Yuni, target produksi 1,2 juta bibit yang rencananya akan didistribusikan kepada masyarakat Lampung tersebut.

Terdiri dari berbagai jenis pohon dari jenis kayu kayuan dan jenis multi purpose tree species (MPTS) yaitu jenis pohon menghasilkan buah.

Diantaranya jenis Sengon, Medang, Bambang Lanang dan Balas untuk kategori bibit pohon kayuan.

Kemudian jenis Petai, Jengkol, Sirsak, Durian, Pala, Cengkeh, Alpukat, Aren, Jambu Jamaika, Bambu, Pinang, Kelor dan Damar Matakucing untuk katrgori MPTS.

“Target tersebut dari pusat, memang ada penambahan target yang sebelumnya paling tinggi 1 juta bibit, tahun ini mencapai 1,2 juta bibit, dimungkinkan karena antusias masyarakat untuk menanam pohon semakin tinggi. Untuk rincian berapa jumlah bibit yang akan disemai dari masing masing jenis pohon belum kita terima dari pusat, ” terangnya mewakili Manager Persemaian Permanen Tanggamus Momo Sumarno, Minggu (17/01/2021).

Desma menjelaskan, untuk pendistribusian bibit pohon gratis tersebut, ditargetkan sekitar pertengahan tahun, saat itu cuaca diperkirakan cukup mendukung untuk masa tanam.

Bibit pohon gratis ini diperuntukkan seluruh masyarakat di Provinsi Lampung yang memiliki lahan sesuai aturan dari Persemaian Permanen Tanggamus, Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Lampung,

“Mekanisme pendistribusian bibit pohon, berdasarkan permohonan permintaan bibit dari masyarakat, dengan aturannya setiap 1 hektare lahan akan diberikan 1000 bibit pohon, yang terdiri dari berbagai jenis. Mudah mudahan tidak ada kendala yang serius dalam menyemai dan memproduksi bibit pohon tahun ini, ” jelas Desma seraya menyatakan untuk info bibit gratis dapat menghubungi 0813 7340 0278

Selanjutnya ditambahkan Yuni, untuk mendapatkan bibit di haruslah berdasarkan mekanisme yang di tetapkan, yaitu melampirkan KTP, kemudian mengisi blangko formulir permohonan bibit, yang harus di cap oleh lurah, kepala pekon atau kepala instansi. Persemaian Permanen melayani permohonan secara perorangan maupun secara kelompok masyarakat.

“Bagi masyarakat yang ingin membudidayakan pohon jenis kayu dan buah, silahkan ajukan permohonan ke PP Kotaagung, ambil formulirnya di sini. Kemudian bibit yang diambil, haruslah ditanam dilahan sesuai permohonan, karena kami akan mensurvey,” imbuhnya.

 Sementara itu masyarakat di Kabupaten Tanggamus sangat berterimakasih kepada BPDAS Lampung yang telah membangun Persemaian Permanen di Tanggamus, karena telah memberikan peluang usaha tani berupa budidaya pohon jenis kayu maupun jenis buah kepada masyarakat.

“Tentunya kami sangat berterimakasih kepada pemerintah, khususnya BPDAS yang mengadakan persemaian permanen ini, dan memberikan bibit pohon secara gratis kepada masyarakat,” kata Mad salah seorang warga Tanggamus.(Lbcru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *