RS Urip Sumoharjo kerjasama pihak ketiga terkait pembuangan sampah limbah medis

Bandarlampung, Beritaphoto.Id
Kabag Umum Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Lia Amelia mengatakan terkait pembuangan sampah rumah sakit selama ini telah bekerja sama dengan pihak ketiga.

“Kita pembuangan sampah domestik bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup,” katanya saat dikonfirmasi di Bandarlampung, Senin malam.

Dia melanjutkan untuk sampah medis pihak rumah sakit telah bekerjasama dengan PT Gema Putra Buana untuk pengangkutan nya.

Sedangkan untuk pemusnahan nya, bekerja sama dengan PT PLIB dan PT Tenang Jaya Sejahtera.

“Perihal jarum, hasmat, masker, dan selang infus rumah sakit urip menggunakan pihak ketiga untuk mengangkut dan mengolah nya. Tapi ntuk limbah seperti bungkusan obat, slip nota, dan botol infus itu bukan limbah medis namun limbah domestik sesuai Permen LH No.56 tahun 2015,” kata dia.

Sebelumnya sejumlah rumah sakit di Provinsi Lampung salah satunya Rumah Sakit Urip Sumoharjo diduga telah membuang limbah medis di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, Bakung, Bandarlampung.

Tidak hanya rumah sakit, seperti klinik kesehatan, puskesmas, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya juga diduga ikut membuang sampah limbaj medis ke TPA tersebut.

Limbah medis yang ditemukan warga setempat di antaranya bekas botol infus, selang infus, masker, bekas jarum suntik, baju alat pelindung diri (APD), dan sarung tangan medis.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *