Gubernur lampung Lantik 7 Kepala Daerah Terpilih

Bandarlampung- Bertempat di Balai Keratun komplek perkantoran Gubernur Lampung di adakan acara Pelantikan Bupati dan Walikota terpilih yang di selengarakan dengan  tatap muka atau langsung di era pendemi Covid 19 ini.,jumat (26/2/2021)

Acara tersebut tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, di mana tidak semua bisa masuk ke dalam.Balai keratun tempat pelantikan tersebut, hanya yang berkepentingan saja yang bisa memasuki tempat acara pelantikan ,karena acara pelantikan Bupati dan Walikota terpiluh ini  disaksikan secara virtual oleh Mendagri dan pejabat lainnya dari tempat kerja masing-masing,baik di jakarta maupun di provinsi Lampung.

Adapun ke 7  bupati serta wali kota yang hari ini resmi dilantik adalah Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana – Dedi Amirullah, Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto – Pandu Kesuma; Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad – Ardito

Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona – S Marzuki, Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo – Azwar Hadi, Bupati dan Wakil Bupati Waykanan Raden Adipati Surya – Ali Rahman serta Wali Kota, serta Wakil Wali Kota Metro Wahdi Sirajjudin – Qomaru Zaman.

Pelantikan ini berlandaskan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-365 tahun 2021 tentang perubahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-252 tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada 2020.

Dalam sambutannya Arinal mengatakan pengambilan sumpah jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah di tengah keprihatinan nasional karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia.

“Oleh sebab itu salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah pusat dalam pengendalian wabah Covid-19 ini, maka pelantikan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota dilakukan dengan undangan yang sangat terbatas dan protokol kesehatan yang sangat ketat. Alhamdulillah dengan dukungan teknologi digital, maka pelaksanaan pelantikan ini dapat disaksikan oleh seluruh pemangku kepentingan, keluarga dan masyarakat melalui media video conference maupun melalui live streaming internet,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan, bahwa kepala daerah harus melaksanakan penyelenggaran pemerintahan di daerah sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Diantaranya memimpin pelaksanaan urusan yang menjadi kewenangan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.

Selanjutnya, memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat; menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD, kepada DPRD untuk dibahas bersama DPRD, serta menyusun dan menetapkan RKPD; Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pemerintah kabupaten/kota wajib melakukan sinergitas dan kerjasama dengan pemerintah provinsi, terutama dalam menyusun perencanaan pembangunan dalam lima tahun yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) dan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) provinsi guna menjamin keselarasan pelaksanaan urusan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat dalam mewujudkan rakyat Lampung berjaya,” tutur Arinal.

Dia juga meminta bupati/walikota memaksimalkan peran dan tugas Satgas Penanganan Covid-19 hingga tingkat kelurahan dan desa untuk meminilisir penyebaran meluaskan Covid-19 di daerah yang dipimpin.

Diakhir sambutannya, Arinal mengucapkan selamat bertugas kepada para bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pilkada serentak 2020.

Arinal berpesan agar bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten/kota yang dipimpin.

“Jujur dalam bertindak dan ikhlas dalam pengabdian,” pungkasnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *