Bukalapak dan Pasar Industri FMCG Perkuat Layanan

Jakarta,Beritaphoto.id
4 Maret 2021
Bukalapak melalui Buka Mitra Indonesia yang menaungi Mitra Bukalapak, pada hari ini secara resmi mengumumkan penandatanganan kerjasama dengan sejumlah perusahaan FMCG terkemuka Indonesia, di antaranya Unilever, Danone, Coca-Cola Amatil, Heinz ABC Indonesia, Garuda Food, Suntory Garuda, dan UltraJaya.

Melalui komitmen bersama ini, Bukalapak dan para memimpin pasar di industri FMCG di Indonesia ini akan berfokus di hal-hal penting di seputar layanan distribusi dan kesediaan stok untuk para mitra bukalapak, termasuk: Memastikan layanan pengiriman dan ketersediaan stok di 7 juta Mitra Bukalapak di seluruh Indonesia melalui proses distribusi yang efektif dan lebih cepat. Memberdayakan para Mitra Bukalapak untuk memaksimalkan hasil penjualan barang – barang kebutuhan sehari – hari melalui harga penjualan yang lebih terjangkau.

Bacaan Lainnya

CEO Buka Mitra Indonesia, Howard Gani menyampaikan, “Kami berterima kasih dan mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh rekan-rekan dari perusahaan FMCG pada Buka Mitra Indonesia. Hal ini merupakan dukungan terhadap upaya Bukalapak untuk mendorong kemajuan digitalisasi warung – warung tradisional yang berdampak pada inklusi ekonomi Indonesia. Kami optimis kerjasama ini bisa makin meningkatkan layanan kami pada Mitra Bukalapak, yang juga akan memperkuat kualitas layanan para Mitra Bukalapak kepada para pelanggan mereka”, ujarnya.

Hira Triadi, E-commerce Director PT Unilever Indonesia, sejalan dengan Bukalapak dalam hal pemberdayaan UMKM di nusantara melalui pernyataan, “Unilever sebagai perusahaan yang ada di Indonesia selama 87 tahun ingin turut berkontribusi secara nyata untuk bisa meningkatkan kapabilitas warung agar mampu beradaptasi dengan era digital saat ini. Terlebih bahwa warung yang merupakan bagian dari UMKM memiliki peranan penting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan Unilever, salah satunya adalah melalui kemitraan dengan Bukalapak melalui platform Mitra Bukalapak.”

Keinginan yang seirama untuk memberdayakan dan mendukung kemajuan pelaku UMKM juga diekspresikan oleh Narto Sunarno, Head of Digital Business Development Garuda Food yang berharap kemitraan ini bisa memberi “akses lebih banyak lagi kepada UKM warung agar bisa lebih sejajar dan berdaya saing terhadap rekan-rekan mereka yang mempunyai format toko lebih besar”, ucapnya.

Di sepanjang tahun 2020, Mitra Bukalapak juga melakukan penyediaan produk grosir ke 28 provinsi di Indonesia melalui kerjasama dengan lebih dari 300 distributor lokal, yang jumlahnya telah meningkat sebanyak lebih dari 15 kali lipat sejak awal tahun 2020. Bukalapak juga mencatat kenaikan 50% terhadap jumlah Mitra Bukalapak selama tahun 2020. Saat ini Mitra Bukalapak telah tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan para perusahaan FMCG dalam berkolaborasi dengan Buka Mitra Indonesia. “Seiring dengan pertumbuhan bisnis online dan akses digital di Indonesia, bekerjasama dengan Mitra Bukalapak akan membantu memperluas dan mengembangkan penetrasi produk-produk Suntory Garuda untuk para pelaku usaha kecil serta para konsumen dari berbagai lapisan di seluruh area di Indonesia”, ucap Ong Yuh Hwang, Chief Executive Officer and President Director PT. Suntory Garuda Beverage. (ha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan