Lapas Perempuan Kelas IIA Bandarlampung Gelar Program Rehablitasi Narkotika dan Pelatihan Kemandirian

Bandarlampung, Beritaphoto.Id
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Bandarlampung, membuka program rehabilitasi narkotika dan pelatihan kemandirian bagi warga binaan setempat.

“Tingginya resiko penyalahgunaan kembali dan resiko kematian akibat perilaku penyalahgunaan narkotika menyebabkan layanan terapi dan rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika harus tersedia di Lapas,” kata Kepala Lapas Perempuan, Putranti Rahayu di Bandarlampung, Selasa.

Dia melanjutkan meningkatnya tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Lapas tidak terlepas dari persoalan demand dan supply narkotika secara agresif dan terus menerus terjadi di lingkungan masyarakat umum.

Tujuan pada kegiatan tersebut di antaranya memberikan pelatihan keterampilan bagi warga binaan agar mereka memiliki bekal untuk dapat hidup mandiri setelah bebas, mendorong keberlangsungan dan kemajuan industri dalam Lapas, dan dalam rangka menjalankan strategi demand reduction (pengurangan kebutuhan zat narkotika) serta meningkatkan kualitas hidup warga binaan sehingga dapat diterima kembali dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat.

“Untuk kegiatan pelatihan kemandirian kita bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Lampung. Sedangkan untuk program rehabikitasi kita bekerja sama dengan BNNP Lampung dan Panti Rehabilitasi Wisma Ataraxis,” kata dia.

Kalapas berharap dengan adanya pelatihan keterampilan bidang agribisnis yang berkesinambungan, budidaya tanaman hias, serta sayuran ini mampu menjadi icon bagi Lapas Perempuan serta menjadi daya tarik masyarakat.

“Sehingga masyarakat bisa membeli tanaman hias yang dikelola dari dalam Lapas. Disamping itu, kami juga mengupayakan untuk melakukan penjualan dengan sistem online dan seluruh petugas nantinya akan mempromosikan hasil budidaya ini pada media sosialnya masing-masing,” kata dia lagi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *