Harga cabai caplak naik Rp40 ribu dari Biasa nya

Stok terbatas, harga cabai caplak naik Rp40 ribu
Jatimulyo Lamsel, Beritaphoto.Id
Harga kebutuhan sehari-hari seperti cabai caplak di dua pasar yakni Waykandis dan Jatimulyo mengalami kenaikan drastis lantaran minimjya stok dari pertani cabai.

“Naik sudah ada dua hari yang lalu,” kata Asep salah satu pedagang di Pasar Jatimulyo, Lampung Selatan, Kamis pagi.

Ia menjelaskan cabai caplak mengalami kenaikan antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu. Dua hari yang lalu, harga cabai caplak di pasar Jatimulyo tersebut antara Rp70 ribu hingga Rp80 ribu.

“Jadi sekarang ini Rp120 ribu sampai Rp130 ribu. Seperapatnya kita kasih Rp30 ribu,’ kata dia.

Menurut Asep naiknya bahan pokok utama tersebut dikarenakan seringnya turun hujan sehingga minimnya stok dari petani untuk mengirim cabai ke pasaran.

Selain itu lanjut dia, ditambah akan masuknya bulan puasa merupakan salah satu faktor naiknya harga cabai caplak tersebut.

“Yang sudah pasti hujan dan stok minim. Jatah saya berkurang biasanya ratusan kilogram iji cuma 50 kilogram. Tapi kalau harga cabai rawit, merah, hijau, dan lainnya normal,” kata dia lagi.

Hal sama dikatakan Sugeng, salah satu pedagang sayuran di Pasar Waykandis Bandarlampung. Sugeng mengalami hal yang sama terpaksa harus berkurang jatah pengambilan cabainya di Pasar Jatimulyo.

“Di Pasar Jatimulyo nya mas stok nya minim, jadi kita tidak bisa ambil seperti biasanya,” katanya.

Sugeng sendiri lebih mengutamakan menjual canai cablak dengan porsi seperapatan. Hal itu ia lakukan agar dapat sedikit untung untuk kembali mengambil cabai caplak di pasar lain.

“Kalau langsung satu kilo, susah. Kadang untung nya juga tipis. Karena stok minim, saya jual seperapatan,” katanya lagi.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *