Aksi Tanam Pohon di Kelurahan Way Lunik didukung Pemerintah dan Komunitas

Bandarlampung, Beritaphoto.Id
ACT Lampung, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Komunitas Kemanusiaan Lampung bersama Masyarakat melaksanakan Sosialisasi Penghijaun dan Gerakan Menanam Pohon di lingkungan Kelurahan Way Lunik, pada Jum’at (26/03).

Kegiatan Penghijauan Lingkungan “The Green and Clean” mengangkat tema “Selamatkan Bumi dari Diri Sendiri” yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sehat, bersih, asri, menjaga kelestarian alam serta mencegah bencana banjir yang sering terjadi di daerah Way Lunik.

Kegiatan ini merupakan program ACT Lampung yang berkolaborasi dengan Komunitas Kemanusian Lampung. Kegiatan penghijauan tersebut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Perangkat Kelurahan beserta Ketua RT di Way Lunik, Babinkamtibmas, Perwakilan Duta-Duta Lampung dan Komunitas Kemanusiaan Lampung.

Dian Eka Darma Wahyuni selaku Kepala Cabang ACT Lampung, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian ACT terhadap lingkungan di Provinsi Lampung dengan mengajak dan bergerak bersama masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan agar dapat menjadi mitigasi bencana.

“Tujuan kami yaitu untuk mengajak para masyarakat untuk menyelamatkan Bumi kita ini dimulai dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan ini menjadi awal penggerak masyarakat untuk selalu menjaga dan memelihara lingkungan sekitar”, jelas Dian Eka.

Dody Marthalaga selaku Lurah Kelurahan Way Lunik, mengatakan bahwa daerah Way Lunik ini sering terjadi banjir dan tanah longsor pada lereng bukit, sehingga kami senang dan berterima kasih kepada ACT Lampung dan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung atas bantuan dan dukungan terkait penghijauan di Kelurahan Way Lunik ini.

“Kami masyarakat Kelurahan Way Lunik mengucapkan terima kasih kepada ACT Lampung dan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan melalui penanaman pohon dan sosialisasi tentang penghijauan ini. Harapannya dengan kegiatan ini membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan semakin banyak pihak yang ikut peduli terhadap kondisi masyarakat di Way Lunik,” ungkap Dody.

Awal Budiantoro,S.Hut, M.Eng selaku Kabid PDAS dan RHL Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, menambahkan edukasi dalam sosialisasi dan pengarahan tentang penghijauan kepada masyarakat dan pemuda di kelurahan Way Lunik.

“Penanaman pohon berfungsi untuk mencegah erosi, banjir, tanah longsor dan meningkatkan kualitas udara serta menambah daerah resapan air. Kami siap mefasilitasi masyarakat Lampung untuk melakukan penanaman pohon di daerahnya masing-masing melalui penyediaan bibit pohon gratis sesuai dengan jenis pohon yang dibutuhkan oleh masyarakat dan untuk mendapatkannya masyarakat bisa mengajukan proposal ke Dinas Kehutanan,” jelasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *