Target Vaksinasi Bandarlampung

Bandarlampung,Beritaphoto.id
Dalam upaya memerangi dan memutus matarantai penyebaran Pandemi Covid-19 Virus Corona, Pemerintah Pusat melaksanakan program Vaksinasi Nasional baik yang dibiayai oleh Pemerintah maupun Mandiri atau Perusahaan Swasta di tahun 2021.

Jutaan vaksin disebar ke seluruh pelosok Indonesia melalui Pemerintah Provinsi yang diteruskan oleh Kabupaten/Kota yang diberikan jumlah dosis berpariasi, mengingat kasus Covid-19 yang jiga berbeda. Di Provinsi Lampung, Kota Bandarlampung menjadi daerah yang terbanyak mendapatkan dosis vaksin.

Menyangkut pelaksanaan vaksinasi, Bandarlampung Target 700 ribu vaksin bagi masyarakat di Kota Tapis Berseri itu saat ini sudah hampir setengahnya, seperti yang disampaikan Walikota Bandarlampung Eva Dwiyana beberapa hari lalu yaitu sudah 300 ribu vaksin yang disuntikan kepada warganya.

Dalam usaha pencepatan vaksinasi, Pemerintah Kota Bandarlampung menggelar vaksin masal pada HUT Kota tersebut ke-339 pada 16 Juni lalu dengan menyiapkan 3390 dosis. Dalam pelaksanaan vaksinasi itu sendiri dibagi dalam tiga titik diantaranya Lapangan Saburai Enggal, Kodim 0410 dan Polres masing-masing 1000 dosis dan sisanya di Puskesmas-Puskesmas yang ada.

“Target kami adalah vaksinasi 700 ribu untuk masyarakat bisa terlaksana. Apalagi sekarang sudah hampir 300 ribu kita melaksanakan vaksinasi di tahun 2021 ini,” kata Walikota Bandarlampung Eva Dwiyana.

Walikota juga menjelaskan, pelaksanaan vaksin masih terus berlangsung setiap hari di Puskesmas. Sasarannya adalah warga berusia 18-59 tahun dengan persyaratan memiliki KTP Bandarlampung. Dia juga menegaskan bahwa untuk vaksin lansia juga tetap berjalan, mengingat masih banyak lansia yang belum divaksin.

Menurut Eva, skema vaksinasi home visit untuk kelompok lansia, tidak saja untuk mempercepat program vaksinasi dalam upaya herd immunity, tapi juga untuk menekan laju angka kematian pada kelompok lansia yang belakangan masih sangat tinggi.

Untuk Kasus Covid-19, Bandarlampung sebagai Ibukota Provinsi Lampung masih menempati urutan tertinggi dari 15 Kabupaten/Kota se-Lampung. Jumlah kasus positif Covid-19, yakni 5.904 orang, pasien sembuh 5.454 orang dan kasus kematian 355 orang.
Sementara itu untuk Provinsi Lampung, berdasarkan data yang disampaikan Dinkes Lampung, Kamis (3/6) lalu, jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 adalah 5.709.734 orang, terbagi tiga kelompok. Sebanyak 1.163.426 orang terdiri atas kelompok SDM Kesehatan 35.601 orang, kelompok petugas publik 409.854 orang dan kelompok lansia 717.971 orang.

Data yang disampaikan Dinkes Lampung pada pekan pertama Juni, pasien positif Covid-19 total 18.558 orang, terdapat penambahan 74 orang lagi. Pasien selesai isolasi atau sembuh total 16.592 orang, bertambah 74 orang. Sedangkan jumlah pasien positif yang meninggal dunia totalnya 1.033 orang, bertambah enam orang lagi. Dari jumlah kasus pasien meninggal dunia, mayoritas lansia dengan memiliki dua penyakit bawaan. (herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *