Atlet Muaythai Perlu Sparing Partner

Bandarlampung,Beritaphoto.id
Dua atlet Muaythai Lampung masih bertahan dan pelatihan bersama beberapa atlet lainnya, di Regent Kedaton Kabupaten Bogor Jawa Barat. Kedua atlet tersebut terbagung dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sea Games Vietnam 2021, yang diundur pada tahun 2022 mendatang.

Lampung masih menempatkan 2 petarung Muaythai yakni Mitra Waruwu dan Agus Dwi Cahyo (WayKrue), sementara Jabar menempatkan 1 orang dan Sulsel 1 orang. Sedangkan petarung dari NTB masih kembali ke daerahnya.Rabu (23/7/2021)

Mitra yang turun di Kelas 54 Kg berlatih bersama calon lawan-lawannya dikelas yang sama, yakni petarung dari Sulawesi Selatan. Pelatih yang menangani Pelatnas kali ini yakni Coach Otmil dan Coach Rafo dari Jawa Barat yang sampai saat ini pelatihan di Pelantas masih mendalami dua kategori yakni latihan fisik dan teknik.

“Ya kalau menu latihannya memang lebih banyak ke fisik yang cukup berat, dan kemudian teknik dan tarung ringan,” kata Mitra kepada media ini di Jatimulyo, Rabu 21 Juli 2021.
Mitra mengatakan bahwa dirinya secara prbadi memang menginginkan banyak bertemu dengan sparing partner untuk latihan dan mengaplikasikan teknik yang selama ini dipelajari baik di Lampung maupun di Pelatnas.

“Harusnya lebih banyak sparing dengan kelas yang lebih diatas saya, maksimal dengan kelas 60 kg. Karena kelas 54 Kg ini kan kelas lincah, maka harus cari lawan yang juga sesuai dengan karakter kelas ini, agar bisa menerapkan sesi latihan ke tarung sparing,” tutur Mitra.
Meskipun sparing tidak mengeluarkan kekuatan penuh dan teknik seratus persen, namun untuk sekedar untuk menerapkan masukan dari pelatih saat latihan sangat perlu. “Dan mengukur kekuatan kita sendiri tentunya,” tambahnya.

Rencana sebelumnya awal Juli seharusnya atlet Pelatnas sudah harus ke Thailand. Namun lagi-lagi karena diberlangsungkan PPKM di dalam negeri serta belum dapat lampu hijau dari negeri gajah Putih itu, maka semuanya masih harus menunggu waktu yang tepat. “Ya kalau kami memang pengin sekali sich ke Thailand karena di sana kan asal dari olahraga ini, tentu banyak hal yang bisa diambil kalau latihan di tempat asal olahraga ini berkembang,” katanya.

Sebelumnya direncanakan pelatih Way Krue akan didatangkan dari Thailand, namun karena dunia sedang dilanda Pandemi Covid-19, maka hal ini belum dapat terealisasi, bahkan rencana latihan ke Thailand pun bagi para atlet Pelatnas masih tertunda. Namun demikian Mitra Waruwu akan tetap fokus di PON Papua dengan targetnya meraih medali emas. “Nah kalau itu tetap fokus. Saya nomor satu adalah PON Papua,” tuturnya semangat. (ha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *