AMPHIBIOUS PONTOON BANTU GERAK MAJU PASUKAN LAT ANCAB KARTIKA YUDHA TA.2021

Martapura Sumael,Beritaphoto.id
Salah satu tugas pasukan Zeni Tempur (Zipur) dalam mendukung serangan dalam operasi tempur adalah membuka dan mempermudah gerak maju pasukan, baik personel maupun materiil beserta kendaraan tempurnya dari berbagai rintangan di medan.

Salah satu rintangan yang menyulitkan gerakan adalah sungai atau parit lebar. Urusan mengatasi hal tersebut, pasukan Zipur diterjunkan untuk memasang Amphibious Poonton, seperti yang dilakukan Peleton Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur)-9 Satgasrat Brigif Raider-13/Galuh Kostrad pada Latihan Antar Kecabangan TNI AD TA 2021 Kartika Yudha di Puslatpur TNI AD, Martapura, OKU, Sumatera Selatan, Jumat (5/11).

Amphibious Poonton merupakan jembatan taktis militer yang menggabungkan media apung yang dideretkan membentuk jalur yang bisa dilewati manusia maupun kendaraan dengan bobot maksimum tertentu. Media tersebut bisa berupa perahu, tongkang atau drum/silider yang kedap air, dimana pada kedua ujung sistem pontoon, media apung terakhir ditambatkan dengan penambat sehingga keseluruhan badan jembatan tidak bergeser meski terkena arus sungai.

“Fungsi Amphibious Poonton dalam operasi militer adalah memudahkan gerak kendaraan tempur, terutama satuan bantuan tempur berupa seperti Tank Leopard, Rudal Atlas, Anoa maupun kendaraan pengangkut logistik untuk melewati rintangan alam berupa sungai atau ceruk yang dalam,” papar Komandan Peleton (Danton) Yonzipur-9 Kostrad.(Tim Penerangan ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *