Staf Teritorial TNI AD lakukan Survei kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa Kodim 1803/Fakfak

Fak fak.Beritaphoto.id
Untuk mengetahui kepuasan publik terhadap pembinaan teritorial TNI AD dan hasil kinerja para Babinsa, Staf Teritorial Angkatan Darat (STERAD) mengadakan survey terhadap kinerja Babinsa diwilayah Kodim 1803/Fakfak. Kamis,(19/05/2022)

Kedatangan Tim Survei Sterad disambut langsung oleh Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf Teguh Gatot Waluyo bersama Kasiter Korem 182/JO, Mayor Arh M. Khoirul Anam di bandara Torea Fakfak.

Bacaan Lainnya

Kegiatan survey dilakukan dengan metode sampel di aula Makodim 1803/Fakfak dengan cara mengisi ceklis yang berisi tentang pertanyaan terkait tugas-tugas Babinsa dengan mengambil 50 orang sampel dalam satuan dari unsur Danramil, Bati Tuud serta para Babinsa Sendiri.

Selain pengambilan sampel survey dari dalam satuan, sampel dari luar satuan juga dilakukan yang terdiri dari 50 orang dari unsur Instansi, LSM, Tokoh masyarakat, tokoh agama dan dari unsur masyarakat lainnya yang ada diwilayah kabupaten Fakfak agar hasil survey lebih obyektif.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Paban I /Ren Sterad, Kolonel Inf Iskandar S.sos. mengatakan bahwa Maksud dan Tujuan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Babinsa yaitu untuk mengukur indikator kinerja Babinsa di satuan pelaksana khususnya dalam penyelengaraan Program Dukungan Operasional Kegiatan Babinsa serta menjamin optimalisasi pencapaian sasaran secara efektif, efisien dan ekonomis.

Babinsa sebagai ujung tombak dalam melaksanakan kemampuan komunikasi sosial, bakti TNI dan pembinaan ketahanan wilayah serta pembinaan perlawanan wilayah guna mendukung fungsi utama TNI AD diperlukan pengukuran kinerja secara langsung secara random sampling ke masyarakat sehingga dapat mengoptimalkan pencapaian Akuntabilitas Kinerja TNI AD khususnya Babinsa sebagai Aparat teritorial. Dengan demikian diperlukan survei kinerja Babinsa yang dinilai langsung oleh masyarakat yang terdapat di wilayah binaannya

“Menurut survey Nasional kepercayaan publik Terhadap TNI masih tinggi, namun itu survey dari luar tentunya perlu ada survey dari dalam dan dari luar satuan yang kita adakan sendiri,”ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa sasaran kegiatan survei, sebagai tolok ukur peran aktif Babinsa dalam melaksanakan Binter di wilayahnya, Kompetensi peran Babinsa dalam penanganan permasalahan yang terjadi di wilayah binaannya. pemberdayaan Babinsa di tengah masyarakat dalam mendeteksi, mengidentifikasi, dan mencegah aksi radikalisme yang tercemin dalam gerakan terorisme, ekstrimisme dan fundamentalisme, serta Keterlibatan Babinsa dalam membantu program pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi disaat pendemi.

Adapun rangkaian kegiatan survei yaitu Sosialisasi tentang pengisian checklist baik secara manual dan online, pengisian checklist survei, pengecekan administrasi kegiatan Babinsa dan penghitungan hasil survei.

Penrem 182/JO

Pos terkait

Tinggalkan Balasan