766 WBP Lapas Narkotika Antusias Salurkan Suaranya dari Balik Jeruji Besi

oleh

Bandarlampung- Beriraphoto.id
Sebanyak 766 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) narkotika Kelas IIA Bandarlampung antusias menyalurkan suaranya dalam pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

“Meskipun sedang menjalani masa pidananya, warga binaan di Lapas Narkotika ini tetap menyuarakan hak pilihnya pada Pemilu serentak,” kata Kalapas Narkotika Bandarlampung, Ade Kusmanto di Bandarlampung, Rabu.

Dia melanjutkan pemberian hak pilih terhadap warga binaan di Lapas Narkotika tersebut merupakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Atas aturan tersebut, lanjut dia, sehingga warga binaan sangat berhak untuk dapat memilih Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Jadi tidak ada bedanya terhadap masyarakat di luar. Meskipun mereka di dalam, tetap kita mengedepankan hak-hak mereka sebagai warga negara Indonesia,” kata dia.

Ia menambahkan hingga sejauh ini, pelaksanaan pemungutan suara sendiri di dalam Lapas Narkotika telah berjalan aman dan kondusif. Hingga saat ini pelaksanaan kegiatan masih dalam tahap penghitungan suara.

“Masih proses penghitungan suara, apapun hasilnya nanti akan disampaikan oleh pihak KPU. Kami hanya tempat saja,” katanya.

“Pelaksanaan kegiatan ini juga saya telah memberikan arahan kepada petugas untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024, selalu waspada dan menjaga kondusifitas keamanan di Lapas, dan menghimbau warga binaan untuk tertib saat melakukan pencoblosan,” katanya lagi.

Pantauan dari dalam lokasi Lapas Narkotika, terlihat ada sebanyak tiga TPS yang digunakan untuk pemungutan suara diantaranya TPS 902, 903, dan 904 yang merupakan TPS Khusus dari Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

Dari pantauam tersebit pula, untuk penghitungan hasil pemungutan suara sendiri, sejauh ini untuk Pilpres masih diungguli oleh Paslon nomor urut dua yakni Prabowo-Gibran. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *