Dandim 0410/KBL : Lestarikan Pancasila, Wujudkan Bhineka Tunggal Ika

oleh

Bandarlampung —Beritaphoto.id Komandan Kodim (Dandim) 0410/Kota Bandar Lampung, Kolonel Arh Tan Kurniawan S.A.P.,M.I.Pol, mengatakan bahwa Pancasila merupakan falsafah hidup masyarakat Indonesia yang harus terus dilestarikan.

“Setiap Warga Negara Indonesia harus melestarikan Pancasila. Karena dari Pancasila itulah kerukunan seluruh komponen akan bisa rekat. Dari mana dari Bhinneka Tunggal Ika walau berbeda-beda tetap satu,” ungkap Dandim usai menghadiri upacara hari lahir Pancasila di Bandarlampung, Sabtu (1/6)

Menurut Dandim, Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang digali dari akar budaya bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi hingga sekarang.

“Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa”, ujarnya

Sementara Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana mengatakan bahwa kehadiran Pancasila merupakan semangat untuk masyarakat Indonesia saling bergotong royong tanpa melihat suku, agama, ras dan antar golongan.

“Pancasila adalah pemersatu. Di Bandarlampung kebersamaan sudah dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan oleh masyarakat dan juga pemerintah walaupun berbeda suku dan agama,” kata Eva

Dia pun mengatakan bahwa dalam upaya menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong, sejak di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas nilai-nilai pancasila sudah diajarkan dan diterapkan.

“Kita sudah terapkan nilai-nilai Pancasila sejak kecil kepada masyarakat. Agar kerukunan dan silahturahmi serta kebersamaan tetap terjaga,” katanya.

Namun begitu, ia pun mengungkapkan bahwa sebagai pemimpin di daerah dirinya juga harus memberikan contoh terhadap nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong kepada masyarakat.

“Ini juga yang sudah dilakukan dengan selalu menjaga silahturahmi melalui Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *